RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
KE- 1
SATUAN
PENDIDIKAN :
SMA NEGERI 1
BOJA
KELAS/SEMESTER :
XI
/1 (GASAL)
MATA
PELAJARAN :
GEOGRAFI
MATERI POKOK : SUMBER DAYA
ALAM
ALOKASI
WAKTU : 2 X 45’
A. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindaksecara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1.
Kompetensi
sikap spiritual
a.
Mengucapkan
rasa syukur atas keberadaan dan keberagaman sumber
daya alam melalui do’a syukur.
b.
Bersemangat dalam
mengikuti proses pembelajaran keragaman dan kelimpahan sumber daya alam di
Indonesia
2.
Kompetensi
sikap sosial
a.
Selalu
mematikan lampu jika tidak diperlukan.
b.
Selalu
mengggunakan Handphone seperlunya saja saat dibutuhkan.
3.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat:
a. Mengidentifikasi persebaran barang
tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya.
b. Mengklasifikasikan jenis barang tambang
yang ada di Indonesia berdasarkan nilai strategis
c. Membandingkan potensi barang tambang di
Indonesia dengan negara lain.
d. Menguraikan pemanfaatan potensi tambang
di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya.
e. Memprediksi waktu habisnya potensi
tambang yang ada di Indonesia.
f. Membuat artikel ilmiah, makalah, atau
paper terkait permasalahan potensi tambang di Indonesia dan pemanfaatan di Indonesia berdasarkan nilai
strategis.
g. Membuat poster bertamakan efisiensi dalam
pemanfaatan potensi tambang yang ada di Indonesia.
D.
MATERI AJAR.
1.
Persebaran barang
tambang di Indonesia
2.
Klasifikasi barang
tambang di Indonesia.
3.
Potensi dan
pemanfaatan barang tambang di Indonesia.
E.
METODE
/ MODEL / PENDEKATAN PEMBELAJARAN
·
Metode :
observasi, diskusi, dan presentasi
·
Model :
Problem based learning
·
Pendekatan Pembelajaran
:
Scientific Learning
F.
MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
a. Gambar tentang kegiatan potensi barang tambang di Indonesia .
(tersedia di energitoday.com, 2bp.blogspot.com, farm8.staticfickr.com,
antarasumbar.com.).
b. Lembar kerja siswa (panduan pengamatan gambar tentang potensi bahan
tambang di Indonesia)
2. Alat dan Bahan:
a. LCD Proyektor
b. Laptop/Komputer
3. Sumber Pembelajaran:
a. KEMENDIKBUD. 2014. Buku Siswa. Geografi SMA. Kelas XI.
Jakarta:KEMENDIKBUD (hal.......).
b. KEMENDIKBUD. 2014. Buku Guru. Geografi SMA.Kelas XI. Jakarta:
KEMENDIKBUD (hal ......).
c. Lingkungan Alam, seperti: perkebunan,
pertambangan, tanah yang subur, dll.
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Pendahuluan (
15 menit )
a. Guru
mengucapkan salam
b. Guru
mengabsen siswa
c. Guru melakukan apersepsi sebagai wahana dialog demi keterlibatan peserta didik
dalam proses pembelajaran mapel geogarfi
d. Guru menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan
dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan
dipelajari.
e.
Peserta didik menerima
informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari
guru.
f.
Peserta didik dibagi
menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 5 orang.
2. Kegiatan
Inti.
Mengamati:
a. Peserta
didik diminta untuk melihat gambar dan menyaksikan pemutaran video untuk mendapat wawasan
pengetahuan tentang persebaran barang tambang di Indonesia.
b. Berdasarkan hasil pengamatan gambar, peserta didik mendiskusikan di dalam
kelompok tentang hal-hal yang ingin diketahui, misalnya potensi tambang di
salah satu provinsi Indonesia.
c.
Peserta didik diajak
untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan
pembelajaran, jika belum dengan panduan guru, peserta didik diminta untuk
memperbaiki.
d.
Jika hal-hal yang
ingin diketahui dari hasil pengamatan masih ada yang belum sesuai dengan tujuan
pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan
pembelajaran.
Menanya:
a.
Peserta didik
mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal
yang ingin diketahui dari hasil pengamatan video dan gambar. Pertanyaan
diarahkan pada hal-hal yang substantif terkait dengan tujuan pembelajaran.
b.
Satu di antara peserta
didik dari wakil kelompok menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
c.
Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang
diketahuinya.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
a.
Mencoba/Mengumpulkan
Data (Informasi) Setiap peserta didik dalam satu kelompok mengumpulkan
informasi/data untuk menjawab satu pertanyaan yang telah dirumuskan dari
berbagai sumber, seperti: membaca buku siswa, mencari di internet atau membaca buku
di perpustakaan.
Mengasosiasi
a. Setiap peserta didik mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab satu pertanyaan yang telah
dirumuskan.
b. Setiap peserta didik menyampaikan kepada anggota di kelompoknya terkait
dengan jawaban atas pertanyaan yang ditugaskan.
c. Secara bersama-sama peserta didik
merumuskan secara tertulis jawaban dari hasil diskusi kelompok.
Mengomunikasikan
a.
Dipilih secara acak
satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
b.
Kelompok lain memberi
tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.
c.
Peserta didik bersama
guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
3. Penutup
a.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
b.
Guru memberikan
penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
c.
Pesera didik diberi
pertanyaan lisan.
d.
Peserta didik diminta
melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan
materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
e.
Peserta didik diberi
pesan tentang nilai dan moral.
f.
Peserta didik
menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan
yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
g.
Guru menyampaikan
salam akhir pertemuan
H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap
Spiritual
a. Teknik Penilaian: Observasi
b. Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c. Kisi-kisi:
d.
Instrumen:
INSTRUMEN
PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian
kompetensi sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2. Instrumen ini diisi
oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan
Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda
dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan
ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU
melakukan perilaku yang diamati.
3 = apabila SERING
melakukan perilaku yang diamati.
2 =apabila
KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati.
1= apabila TIDAK
PERNAH melakukan perilaku yang diamati.
C. Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas : …
Semester : …
Tahun Pelajaran : ...
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir Nilai : Mensyukuri keragaman dan kelimpahan sumber daya alam
Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih.
Indikator
Sikap :
1.1.1
Mengucapkan
rasa syukur atas keberadaan dan
keberagaman sumber daya alam melalui do’a syukur.
1.1.2
Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran keragaman
dan kelimpahan sumber daya alam di Indonesia
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP
SPIRITUAL
(LEMBAR
PENILAIAN DIRI)
A. Petunjuk Umum
1.
Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2.
Instrumen ini diisi oleh PESERTA DIDIK untuk menilai
dirinya sendiri.
B. Petunjuk Pengisian
1.
Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir,
nilailah sikap diri kalian sendiri dengan memberi tanda centang (√) pada kolom
skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian
Diri dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang dinyatakan
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang dinyatakan
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku dinyatakan
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang dinyatakan
2.
Kolom SKOR dan KETUNTASAN diisi oleh guru.
C. Lembar Penilaian Diri
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
Nama : ...
Kelas/Nomor Urut : …
Semester : ...
TahunPelajaran : …
Hari/Tanggal Pengisian : …
Butir Nilai : Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungan.
Indikator Sikap : CONTOH
1.
Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan keberagaman SDA melalui do’a syukur.
2.
Bersemangat memelajari
kegiatan ekonomi dalam pemanfatan SDA.
Peserta didik,
_____________________________
e.
Petunjuk Penentuan
Nilai:
PETUNJUK PENGHITUNGAN
SKOR KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL
1.Rumus Penghitungan Skor Akhir
Skor
Akhir = Jumlah
Perolehan Skor x
4
Skor Maksimal
Skor
Maksimal = Banyaknya Indikator x 4
2.
Kategori skor
sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:
Sangat
Baik (SB) : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33 < Skor Akhir ≤ 4,00
Baik
(B) : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33 < Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup
(C) : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33 < Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang
(K) :
apabila memperoleh Skor
Akhir: Skor
Akhir ≤ 1,33
Nb :
Untuk penilaian sikap sosial, pengetahuan, dan
ketrampilan formatnya seperti penilaian sikap spiritual diatas hanya perlu
disesuaikan dengan indikator yang sudah ada
\
|
Senin, 09 Desember 2013
RPP KURIKULUM 2013 GEOGRAFI KELAS XI
ini RPP yg uda di revisi insya Alloh lebih benar dibanding yang kemarin
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Terima kasih atas contoh yang diberikan.kalau dapat ditambah karena sangat membantu guru guru dalam melengkapi admnya dan dapat pahala hendak .
BalasHapussama-sama.... ini juga lagi proses belajar,,,,,,,
BalasHapus