"MAN JADDA WA JADDA" SETIAP USAHA YANG SUNGGUH-SUNGGUH PASTI AKAN BERHASIL NOTHING IMPOSSIBLE: RPP KURIKULUM 2013 GEOGRAFI KELAS XI

Senin, 09 Desember 2013

RPP KURIKULUM 2013 GEOGRAFI KELAS XI

ini RPP yg uda di revisi insya Alloh lebih benar dibanding yang kemarin


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE- 1
SATUAN PENDIDIKAN                   : SMA NEGERI 1 BOJA
KELAS/SEMESTER                          : XI /1 (GASAL)
MATA PELAJARAN                         : GEOGRAFI
MATERI POKOK                          : SUMBER DAYA ALAM
ALOKASI WAKTU                           :  2 X 45’
A.  KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah  lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual,    prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindaksecara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Mensyukuri keragaman dan kelimpahan sumber daya alam Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih.
1.1.1        Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan  dan keberagaman  sumber  daya alam melalui do’a syukur.
1.1.2        Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran keragaman dan kelimpahan sumber daya alam di Indonesia

2.1    Menunjukkan perilaku efisien  dalam pemanfaatan sumberdaya alam bidang pertanian, pertambangan, industri, dan pariwisata yang digunakan sehari-hari.

2.1.1     Selalu mematikan  lampu  jika tidak diperlukan.
2.1.1     Selalu mengggunakan Handphone seperlunya saja saat dibutuhkan
3.1    Menganalisis sebaran  barang tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya.

3.1.1 Mengidentifikasi persebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya.
3.1.2 Mengklasifikasikan jenis barang tambang yang ada di Indonesia berdasarkan nilai strategis
3.1.3 Membandingkan potensi barang tambang di Indonesia dengan negara lain.
3.1.4 Menguraikan pemanfaatan potensi tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya.
3.1.5 Memprediksi waktu habisnya potensi tambang yang ada di Indonesia.
4.2      Mengomunikasikan sebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya.

4.2.1   Membuat artikel ilmiah, makalah, atau paper terkait permasalahan potensi tambang di Indonesia dan  pemanfaatan di Indonesia berdasarkan nilai strategis.
4.2.1   Membuat poster bertamakan efisiensi dalam pemanfaatan potensi tambang yang ada di Indonesia.


C.   TUJUAN PEMBELAJARAN : 
1.      Kompetensi sikap spiritual
                       a.      Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan  dan keberagaman  sumber  daya alam melalui do’a syukur.
                       b.      Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran keragaman dan kelimpahan sumber daya alam di Indonesia
2.      Kompetensi sikap sosial
                       a.       Selalu mematikan  lampu  jika tidak diperlukan.
                       b.       Selalu mengggunakan Handphone seperlunya saja saat dibutuhkan.
3.      Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat:
                       a.     Mengidentifikasi persebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya.
                       b.     Mengklasifikasikan jenis barang tambang yang ada di Indonesia berdasarkan nilai strategis
                       c.     Membandingkan potensi barang tambang di Indonesia dengan negara lain.
                      d.     Menguraikan pemanfaatan potensi tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya.
                       e.     Memprediksi waktu habisnya potensi tambang yang ada di Indonesia.
                        f.     Membuat artikel ilmiah, makalah, atau paper terkait permasalahan potensi tambang di Indonesia dan  pemanfaatan di Indonesia berdasarkan nilai strategis.
                       g.     Membuat poster bertamakan efisiensi dalam pemanfaatan potensi tambang yang ada di Indonesia.

D.  MATERI AJAR.
1.    Persebaran barang tambang di Indonesia
2.    Klasifikasi barang tambang di Indonesia.
3.    Potensi dan pemanfaatan barang tambang di Indonesia.

E.  METODE / MODEL / PENDEKATAN PEMBELAJARAN
·      Metode                                             : observasi, diskusi, dan presentasi
·      Model                                               : Problem based learning
·      Pendekatan Pembelajaran     : Scientific Learning

F.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media
a. Gambar tentang kegiatan potensi barang tambang di Indonesia .
(tersedia di energitoday.com, 2bp.blogspot.com, farm8.staticfickr.com,
antarasumbar.com.).
b. Lembar kerja siswa (panduan pengamatan gambar tentang potensi bahan tambang di Indonesia)
2. Alat dan Bahan:
a. LCD Proyektor
b. Laptop/Komputer
3. Sumber Pembelajaran:
a. KEMENDIKBUD. 2014. Buku Siswa. Geografi SMA. Kelas XI.
Jakarta:KEMENDIKBUD (hal.......).
b. KEMENDIKBUD. 2014. Buku Guru. Geografi SMA.Kelas XI. Jakarta:
KEMENDIKBUD (hal ......).

c.  Lingkungan Alam, seperti: perkebunan, pertambangan, tanah yang subur, dll.

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN 
1.    Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
a.    Guru mengucapkan salam
b.    Guru mengabsen siswa 
c.    Guru melakukan apersepsi sebagai wahana dialog demi keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran mapel geogarfi
d.   Guru menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan
dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan
dipelajari.
e.    Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari
guru.
f.     Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 5 orang.
2.    Kegiatan Inti.
Mengamati:
a.    Peserta didik diminta untuk melihat gambar dan menyaksikan pemutaran video untuk mendapat wawasan pengetahuan tentang persebaran barang tambang di Indonesia.
b.    Berdasarkan hasil pengamatan gambar, peserta didik mendiskusikan di dalam kelompok tentang hal-hal yang ingin diketahui, misalnya potensi tambang di salah satu provinsi Indonesia.
c.    Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika belum dengan panduan guru, peserta didik diminta untuk memperbaiki.
d.   Jika hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan masih ada yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran.
Menanya:
a.    Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan video dan gambar. Pertanyaan diarahkan pada hal-hal yang substantif terkait dengan tujuan pembelajaran.
b.    Satu di antara peserta didik dari wakil kelompok menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
c.    Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahuinya.

Mengeksperimenkan/ mengeksplorasi/mengumpulkan data:
a.    Mencoba/Mengumpulkan Data (Informasi) Setiap peserta didik dalam satu kelompok mengumpulkan informasi/data untuk menjawab satu pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti: membaca buku siswa, mencari di internet atau membaca buku di perpustakaan.
Mengasosiasi
a.    Setiap peserta didik mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab satu pertanyaan yang telah dirumuskan.
b.    Setiap peserta didik menyampaikan kepada anggota di kelompoknya terkait dengan jawaban atas pertanyaan yang ditugaskan.
c.     Secara bersama-sama peserta didik merumuskan secara tertulis jawaban dari hasil diskusi kelompok.
Mengomunikasikan
a.         Dipilih secara acak satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
b.         Kelompok lain memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.
c.         Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.

3.    Penutup
a.                   Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
b.         Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
c.         Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
d.        Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
e.         Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
f.          Peserta didik menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
g.         Guru menyampaikan salam akhir pertemuan

H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian: Observasi
b. Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c. Kisi-kisi:
  
No
Butir nilai sikap
Indikator
Jumlah butir instrumen
1
Mensyukuri keragaman dan kelimpahan sumber daya alam Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih.
(Kompetensi Inti)
1.1.1       Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan  dan keberagaman  sumber  daya alam melalui do’a syukur.
1.1.2        Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran keragaman dan kelimpahan sumber daya alam di Indonesia

1







1




d.      Instrumen:
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian kompetensi sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati.
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati.
2 =apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati.
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati.
C. Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas : …
Semester : …
Tahun Pelajaran : ...
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir Nilai : Mensyukuri keragaman dan kelimpahan sumber daya alam Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih.
                        Indikator Sikap :
1.1.1                  Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan  dan keberagaman  sumber  daya alam   melalui do’a syukur.
1.1.2                  Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran keragaman dan kelimpahan sumber daya alam di Indonesia
No
Nama peserta
didik
Skor indikator sikap spiritual
Jumlah
Perolehan
skor
Skor
akhir
Tuntas (T) /
Tidak Tuntas
(TT)
Indikator
1
Indikator
2
1.
Abimanyu  putra
4
3
7
(7:8)*4
= 3,5
T
2.
Keysa amilia
2
2
4
(4:8)*4
TT

dst




































INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)

A.   Petunjuk Umum
1.     Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2.     Instrumen ini diisi oleh PESERTA DIDIK untuk menilai dirinya sendiri.
B. Petunjuk Pengisian
1.      Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri dengan memberi tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:

4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang dinyatakan
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang dinyatakan
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku dinyatakan
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang dinyatakan

2.      Kolom SKOR dan KETUNTASAN diisi oleh guru.

C. Lembar Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama                                 : ...
Kelas/Nomor Urut                       :
Semester                             : ...
TahunPelajaran                 :
Hari/Tanggal Pengisian   :
      Butir Nilai                         : Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia   dan lingkungan.
Indikator Sikap                  : CONTOH
1.    Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan keberagaman SDA melalui do’a syukur.
2.    Bersemangat memelajari  kegiatan ekonomi dalam pemanfatan SDA.
No.
Pernyataan
Skor
Perolehan
Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak Tuntas
1
2
3
4
      1.             
Saya merasa bersyukur atas keberadaan dan keberagaman SDA melalui do’a syukur.







      2.             
Saya bersemangat dalam memelajari  kegiatan ekonomi dalam pemanfatan SDA.





Jumlah



Peserta didik,


_____________________________   


e.       Petunjuk Penentuan Nilai:
PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL
1.Rumus Penghitungan Skor Akhir

Skor Akhir = Jumlah Perolehan Skor x 4
                                    Skor Maksimal

Skor Maksimal = Banyaknya Indikator x 4

2. Kategori skor sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik (SB)    : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33 < Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B)                  : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33 < Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C)               : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33 < Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K)             : apabila memperoleh  Skor Akhir:  Skor Akhir ≤ 1,33

Nb :
Untuk penilaian sikap sosial, pengetahuan, dan ketrampilan formatnya seperti penilaian sikap spiritual diatas hanya perlu disesuaikan dengan indikator yang sudah ada




                                                                                                                                      Semarang,  12 Mei 2013




 Guru Geografi SMAN 2 Semarang


   Mahasiswa Praktikan PPL






















Dra. Ina Nurhayati


      Isrok Istriyanti

         NIP. 196505152002122001                                                                  NIM. 3201411130
                                                                    Mengetahui
                                                   Kepala Sekolah SMA N 1 Boja
                                                                       

Drs. Sutopo, M.M
                                                   NIP. 1964020719888031016
 
 



\


2 komentar:

  1. Terima kasih atas contoh yang diberikan.kalau dapat ditambah karena sangat membantu guru guru dalam melengkapi admnya dan dapat pahala hendak .

    BalasHapus
  2. sama-sama.... ini juga lagi proses belajar,,,,,,,

    BalasHapus

kalau suka sama blog ini di mohon komentar nya ya,,,,