RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Kaliwungu
Mata
Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester :
X/1
Materi : Pengetahuan Dasar Geografi
Alokasi
Waktu : 9 X Jam
Pelajaran
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan
proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1. Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.1.1.Menjelaskan pengertian dan ruang lngkup geografi
3.1.2 Membedakan obyek formal dan obyek material geografi
3.1.3.Membedakan aspek fisik dan aspek
sosial geografi dan penerapannya
3.1.4.Menjelaskan 10 konsep dasar geografi dan penerapannya
3.1.5.Membedakan empat prinsip geografi dan penerapannya
3.1.6.Menjelaskan metode/pendekatan geografi dan penerapannya
|
4.1
Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
|
4.1.1
Membuat denah berdasarkan konsep jarak dengan menggunakan contoh yang ada dalam kehidupan di lingkungans sekitar
4.1.2
Membuat
kliping contoh fenomena geosfer yang
berhubungan dengan prinsip geografi
4.1.3
Membuat
klipping tentang fenomena geosfer sesuai dengan pendekatan keruangan,
kelingkungan, dan kewilayahan
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik
diharapkan mampu :
1. Menjelaskan pengertian dan
ruang lngkup geografi
2. Membedakan obyek formal
dan obyek material geografi
3. Membedakan aspek fisik dan
aspek sosial geografi dan penerapannya
4. Menjelaskan 10 konsep
dasar geografi dan penerapannya
5. Membedakan empat prinsip
geografi dan penerapannya
6. Menjelaskan
metode/pendekatan geografi dan penerapannya
1.
Ruang lingkup pengetahuan geografi.
2.
Objek studi dan aspek geografi.
3.
Konsep esensial
geografi dan contoh terapannya.
4.
Prinsip geografi dan contoh terapannya.
5.
Pendekatan geografi dan contoh terapannya.
6.
Keterampilan geografi
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan : Berbasis Proses Keilmuan (Saintific)
Model Pembelajaran : Discovery
Learning ,Problem Based Learning
Metode : Numbered Head Together, Picture and picture, ceramah , diskusi
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Aktivitas Pembelajaran
|
· Pendahuluan
(5
menit)
|
·
Guru memberi salam kepada peserta didik
·
Peserta didik berdoa untuk mengawali proses pelaksanaan pembelajaran dipimpin oleh salah satu peserta didik
·
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
·
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan, dan memperhatikan kebersihan, kerapian dan ketertiban
peserta didik.
·
Guru
melakukan apersepsi yaitu dengan cara tanya jawab materi yang akan
dipelajari. Misalnya “Apa yang kalian ketahui tentang
geografi?”
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan terkait
pengetahuan dasar geografi
·
Peserta
didik dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing terdiri dari 4-6 peserta didik
|
· Inti
(35
menit)
|
· Peserta didik diarahkan untuk
membacaa buku tentang “pengetahuan dasar
geografi”
Mengamati
·
Guru menyajikan materi “Pengetahuan Dasar Geografi” melalui media powerpoint berupa
gambar-gambar fenomena geosfer.
· Peserta didik mengamati
gambar-gambar fenomena geosfer yang ditampilkan melalui powerpoint.
·
Setiap kelompok mengidentifikasi gambar-gambar fenomena
geosfer yang telah ditampilkan.
·
Mengidentifikasi
definisi geografi dari para ahli.
·
Mengidentifikasi pengetahuan dasar geografi dan terapannya
dalam kehidupan sehari-hari
Mengumpulkan informasi
· Setiap kelompok diperbolehkan
mencari atau mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar yang
berhubungan dengan fenomena geosfer, definisi geografi, terapan ilmu
geografi, dan terapan ilmu geografi dalam kehidupan sehari-hari
· Setiap kelompok menganalisis
tentang definisi
geografi dari para ahli dan terapan ilmu
geografi.
· Mendiskusikan dengan
kelompok-kelompok masing-masing informasi yang telah diperoleh.
Mengkomunikasi
· Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.
· Kelompok yang lain diberikan
kesempatan untuk mengamati, mengevaluasi, mengklarifikasi, mengajukan
pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan materi yang dipresentasikan
· Peserta didik dan guru membuat kesimpulan terhadap aktivitas
pembelajaran yang telah dilakukan dengan cara memberi pertanyaan. Misalnya “Apa manfaat dari mempelajari
studi ilmu geografi?”
· Peserta didik tugas portofolio kepada
masing-masing kelompok sebagai pelaporan hasil diskusi kelompoknya sebagai tugas rumah.
· Peserta didik
mengerjakan tes tertulis sebagai bahan evaluasi dan dikerjakan secara
individu
|
· Penutup
(5 menit)
|
· Guru mempersilahkan
peserta didik untuk menanyakan terkait hal yang belum dipahami selama
kegiatan pembelajaran berlangsung.
· Guru
menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu objek studi geografi dan aspek geografi.
· Guru menutup kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam kepada peserta didik.
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Aktivitas Pembelajaran
|
· Pendahuluan
(5
menit)
|
·
Guru memberi salam kepada peserta didik
·
Peserta didik berdoa untuk mengawali proses pelaksanaan pembelajaran dipimpin oleh salah satu peserta didik
·
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
·
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan, dan memperhatikan kebersihan, kerapian dan ketertiban
peserta didik.
·
Guru mengulas kembali materi yang telah dipelajari
sebelumnya yaitu ruang lingkup geografi.
·
Guru
melakukan apersepsi yaitu dengan cara tanya jawab materi yang akan
dipelajari. Misalnya “Geografi mempelajari tentang objek apa
saja? “
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan terkait
materi objek studi geografi
·
Peserta
didik dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing terdiri dari 4-6 peserta didik
|
· Inti
(70
menit)
|
Mengamati
· Guru menanyangkan power point
tentang objek studi geografi
· Guru membagikan beberapa gambar dan artikel tentang objek studi geografi yang
berbedauntuk setiap kelompok, gambar dan artikel tentang objek studi geografi
bersumber dari internet.
· Guru menata peserta didik menjadi 3 kelompok yang beranggotakan 4 orang, setiap siswa dalam
setiap kelompok mendapatkan nomor. Jadi setiap kelompok mempunyai nomor 1
sampai 4 untuk setiap peserta didik.
· Setiap kelompok mengamati gambar
dan artikeltentang objek studi geografi yang diberikan oleh guru, sehingga perlu
adanya pembagian kerja
Mengumpulkan informasi
· Setiap kelompok mengumpulkan
informasi tentang objek studi geografi dari berbagai sumber belajar (buku
atau internet)
· Setiap kelompok
berdiskusi untuk pengamatan gambar objek studi geografi dan artikel.
· Setiap kelompok mengidentifikasi
dan mengklasifikasikangambar dan artikel berdasarkan objek formal dan objek
material geografi.
· Analisis hasil
diskusi dapat dituliskan pada lembar kertas yang telah disediakan
Mengkomunikasi
· Guru
memanggil salah satu nomor peserta didikpada setiap kelompok (dipilih secara
acak oleh guru) dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil diskusi
kelompoknya.
· Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik yang lain untuk menanggapi hasil
diskusi kelompok yang presentasi.
· Guru memberikan penguatan materi
terhadap tanggapan dari peserta didik
yang lain.
Mencipta
· Peserta didik
membuat laporan hasil diskusi untuk analisis
|
· Penutup
(15
menit)
|
· Guru mempersilahkan
peserta didik untuk menanyakan terkait hal yang belum dipahami selama
kegiatan pembelajaran berlangsung.
· Guru
menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu konsep esensial geografi.
· Guru menutup kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam kepada peserta didik.
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Aktivitas Pembelajaran
|
· Pendahuluan
(6
menit)
|
·
Guru memberi salam kepada peserta didik
·
Peserta didik berdoa untuk mengawali proses pelaksanaan pembelajaran dipimpin oleh salah satu peserta didik
·
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
·
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan, dan memperhatikan kebersihan, kerapian dan ketertiban
peserta didik.
·
Guru mengulas kembali materi yang telah dipelajari
sebelumnya yaitu objek studi geografi.
·
Guru
melakukan apersepsi yaitu dengan cara tanya jawab materi yang akan
dipelajari. Misalnya “Apa itu geografi? “
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan terkait
materi konsep esensial geografi
·
Peserta
didik dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing terdiri dari 3-4 peserta didik
|
· Inti
(70
menit)
Persiapan
|
Peserta didik dibagikan lembar diskusi siswa (LDS) tentang “konsep esensial geografi”
Mengamati
·
Peserta
didik mengamati contoh gambar konsep essensial geografi yang disajikan
melalui tayangan slide powerpoint
dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan gambar konsep
essensial geografi
·
Mengidentifikasi gambar-gambar yang ada di power point
pada LDS sesuai dengan konsep esensial geografi.
·
Mengidentifikasi contoh konkret konsep esensial
geografi
·
Setiap kelompok diarahkan untuk membaca buku siswa
materi konsep essensial geografi untuk mengetahui contoh konkrit apa saja
yang berkaitan dengan konsep essensial geografi.
·
Setiaap kelompok mencari informasi terkait konsep
esensial geografi untuk membahas soal pada LDS
·
Setiap kelompok menganalisis tentang:
1.
Identifikasi gambar terkait konsep esensial geografi
2.
Identifikasi contoh konkret terkait konsep esensial
geografi
·
Hasil analisis setiap kelompok ditulis pada lembar
diskusi siswa (LDS)
· Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.
· Kelompok yang lain diberikan
kesempatan untuk mengamati, mengevaluasi, mengklarifikasi, mengajukan
pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan materi yang dipresentasikan
· Peserta didik dan guru membuat kesimpulan terhadap aktivitas
pembelajaran yang telah dilakukan dengan cara memberi pertanyaan. Misalnya “Apa manfaat dari mempelajari konsep esensial geografi?”
· Peserta didik
mengerjakan tes tertulis sebagai bahan evaluasi dan dikerjakan secara
individu
|
· Penutup
(15
menit)
|
· Guru mempersilahkan
peserta didik untuk menanyakan terkait hal yang belum dipahami selama
kegiatan pembelajaran berlangsung.
· Peserta didik diberikan tugas untuk membuat denah sekolah (konsep lokasi)
secara kelompok dan dikumpulkan pertemuaan berikutnya.
· Guru
menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu prinsip geografi.
· Guru menutup kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam kepada peserta didik.
|
Pertemuan 4
Kegiatan
|
Aktivitas Pembelajaran
|
· Pendahuluan
(8
menit)
|
·
Guru memberikan salam untuk mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
·
Guru
menunjuk salah satu peserta didik untuk memimpin doa
·
Guru mengkonfirmasi kompetensi pelajaran yang sudah dipelajari
sebelumnya, yaitu objek geografi dengan tanya jawab
·
Guru
melakukan apersepsi yaitu dengan cara tanya jawab materi yang akan
dipelajari. Misalnya “Perlukah kita berprinsip?”
·
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai, yaitu kemampuan mengidentifikasi prinsip-prinsip
geografi
·
Guru menyampaikan lingkup penilaian,
yaitu kemampuan mengklasifikasi dan mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
selama kegiatan presentasi dan tugas yang dikerjakan
·
Guru
membentuk 4 kelompok dalam kelas, masing-masing kelompok berisikan 4-5 orang
|
· Inti
(75
menit)
Persiapan
|
Peserta didik dibagikan lembar diskusi siswa (LDS) tentang “Prinsip geografi”
Mengamati
·
Peserta didik mengamati video bencana alam
yang ditampilkan oleh guru. Mencatat hal apa saja yang terdapat pada video
kebakaran hutan, dimana terjadinya, mengapa terjadi, dan bagaimana itu
terjadi
·
Guru
memberi instruksi kepada Peserta didik untuk mencatat apa yang ada di video, yang berisikan tentang
dimana saja terjadinya, mengapa terjadi, dan bagaimana itu terjadi. Dengan pembagian
kelompok.
Kelompok 1 : Prinsip
persebaran
Kelompok 2 : Prinsip
deskripsi
Kelompok 3 : Prinsip
interelasi
Kelompok 4 : Prinsip
korologi
Mengumpulkan informasi
·
Masing-
masing kelompok mendiskusikan hasil dari pengamatannya dari video yang
diputarkan. Peserta
didik mengidentifikasikan
prinsip-prinsip apa saja yang ada dalam geografi dengan memanfaatkan buku
siswa dan modul pembelajaran yang tersedia. mana yang termasuk prinsip
persebaran, prinsip deskripsi, prinsip interelasi, prinsip korologi dengan
menggunakan dasar data yang diperoleh dari video tersebut, Selain itu siswa
juga bisa memanfaatkan media internet dan buku penunjang lainnya yang bisa
mendukung.
·
Hasil analisis yang telah didiskusikan dituliskan pada
lembar diskusi siswa (LDS)
Mengkomunikasi
·
Kelompok
pertama mempresentasikan tentang prinsip distribusi, kemudian kelompok lain
menanggapinya. Dilanjutkan dengan kelompok kedua yang menjelaskan prinsip
deskripsi dan ditanggapi oleh kelompok lainnya. Serta kelompok ketiga yang
menjelaskan tentang prinsip interelasi dan kelompok keempat menjelaskan
tentang prinsip korologi dan juga ditanggapi oleh kelompok lainnya
·
Guru
dan peserta
didik
bersama-sama mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab
selama diskusi berlangsung dan sub materi yang belum dipahami oleh siswa.
Mencipta
·
Setelah kegiatan diskusi selesai, peserta didik secara berkelompok
membuat kliping mengenai prinsip-prinsip
geografi dengan memanfaatkan segala sumber yang ada
|
· Penutup
(7
menit)
|
·
Guru
memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai prinsip-prinsip geografi
·
Guru
memberikan umpan balik peserta didik untuk mengetahui hasil pembelajaran
yaitu berupa tes tertulis
·
Guru
memberitahu peserta
didik untuk
mempelajari materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya,
yaitu mengenai pendekatan geografi
·
Guru menutup pembelajaran dan doa
|
Pertemuan 5
Kegiatan
|
Aktivitas Pembelajaran
|
· Pendahuluan
(8
menit)
|
·
Guru memberi salam kepada peserta didik
·
Peserta didik berdoa untuk mengawali proses pelaksanaan pembelajaran dipimpin oleh salah satu peserta didik
·
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
·
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan, dan memperhatikan kebersihan, kerapian dan ketertiban
peserta didik.
·
Guru mengulas kembali materi yang telah dipelajari
sebelumnya yaitu prinsip geografi.
·
Guru melakukan
apersepsi yaitu dengan cara tanya jawab materi yang akan dipelajari. Misalnya “Fenomena geosfer dapat diamati dalam sudut pandang apa saja? “
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan terkait
materi objek studi geografi
·
Peserta
didik dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing terdiri dari 4-6 peserta didik
|
· Inti
(70
menit)
|
Peserta didik dibagikan lembar diskusi siswa (LDS) tentang “objek studi geografi”
Mengamati
· Guru menyajikan gambar fenomena
geosfer melalui power point dan siswa menyimak
· Mengidentifikasi fenomena geosfer dalam bentuk artikel
dengan menggunakan pendekatan
geografi serta mengkategorikan fenomena geosfer yang disajikan guru ke dalam pendekatan geografi
· Guru menata peserta didik menjadi 6 kelompok yang beranggotakan 4 orang, setiap siswa dalam
setiap kelompok mendapatkan nomor. Jadi setiap kelompok mempunyai nomor 1
sampai 4 untuk setiap peserta didik.
· Guru menunjuk peserta didik yang bernomor ganjil untuk
mengkritisi gambar fenomena geosfer dengan membuat satu pertanyaan yang
berkaitan dengan pendekatan geografi, kemudan pertanyaan tersebut dikoordinir
oleh guru.
Mengumpulkan informasi
· Setiap kelompok dengan panduan guru mengumpulkan informasi
dari gambar fonomena geosfer yang disajikan guru dalam konteks pendekatan
geografi
· Setiap kelompok berdikusi untuk menganalisis fenomena
geosfer (dalam
bentuk artikel) dengan
menggunakan pendekatan geografi serta mengkategorikan fenomena geosfer yang disajikan guru ke dalam pendekatan
geografi melalui panduan lembar kerja siswa.
Mengkomunikasi
·
Guru
menunjuk siswa dengan nomor ganjil
untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok kepada kelompok yang lain dan
kelompok yang lain menanggapi dengan panduan dari guru
· Kelompok yang lain diberikan
kesempatan untuk mengamati, mengevaluasi, mengklarifikasi, mengajukan
pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan materi yang dipresentasikan
·
Guru
menunjuk siswa dengan nomor tertentu untuk menjawab pertanyaan yang telah di
buat oleh siswa di awal tadi serta membahasnya bersama
|
· Penutup
(15
menit)
|
· Guru mempersilahkan
peserta didik untuk menanyakan terkait hal yang belum dipahami selama
kegiatan pembelajaran berlangsung.
· Guru menyampaikan kegiatan
belajar yang dikerjakan sebagai tugas kelompok yaitu membuat klipping tentang pendekatan geografi
yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa. Dan tugas
dikumppulkan pada pertemuan berikutnya.
· Guru
menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu keterampilan geografi.
· Guru menutup kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam kepada peserta didik.
|
Pertemuan 6
Kegiatan
|
Aktivitas Pembelajaran
|
· Pendahuluan
(5 menit)
|
·
Guru memberikan salam untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
·
Guru
menunjuk salah satu peserta didik untuk memimpin doa
·
Guru mengkonfirmasi kompetensi pelajaran yang sudah dipelajari
sebelumnya, yaitu pendekatan geografi dengan cara tanya jawab
·
Guru
melakukan apersepsi yaitu dengan cara tanya jawab materi yang akan
dipelajari. Misalnya “Menurut kalian, seberapa pentingkah kita
mempelajari geografi?”
·
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai, yaitu kemampuan mengidentifikasi keterampilan geografi
·
Guru menyampaikan lingkup penilaian,
yaitu kemampuan mengklasifikasi dan mengidentifikasi keterampilan geografi selama kegiatan presentasi dan tugas yang dikerjakan
·
Guru
membentuk 6 kelompok dalam kelas, masing-masing kelompok berisikan 4-5 orang
|
· Inti
(30
menit)
Persiapan
|
Peserta didik dibagikan lembar diskusi siswa (LDS) tentang “keterampilan geografi”
Mengamati
· Peserta didik
mengamati power point tentang “keterampilan geografi” yang ditayangkan oleh
guru
· Peserta didik
diberikan tugas untuk mengidentifikasi tentang:
1.
Manfaat ilmu geografi dalam kehidupan sehari-hari
2.
Contoh keterampilan geografi dalam kehidupan
sehari-hari
Mengumpulkan
informasi
·Setiap kelompok
mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar terkait keterampilan
geografi.
·Setiap kelompok
menganalisis dan mendiskusikan tentang manfaat ilmu geografi dalam kehidupan
sehari-hari dan contoh keterampilan geografi dalam kehidupan sehari-hari
· Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.
· Kelompok yang lain diberikan
kesempatan untuk mengamati, mengevaluasi, mengklarifikasi, mengajukan
pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan materi yang dipresentasikan.
· Bersama guru,
peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran yang telah
dilaksanakan
|
· Penutup
(9
menit)
|
·
Guru
memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai prinsip-prinsip geografi
·
Guru
memberitahu peserta
didik untuk mempersiapkan
ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
·
Guru menutup pembelajaran dan doa
|
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Teknik dan bentuk
instrumen:
Pertemuan
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
2
|
Diskusi
|
Hasil diskusi
|
3
|
- Tes tertulis
- Proyek
|
- Uraian
- Membuat denah
|
4
|
- Diskus
- Tes tertulis
- Proyek
|
- Hasil diskusi
- Uraian
- Kliping
|
5
|
- Diskusi
- Proyek
|
- Hasil diskusi
- Membuat kliping
|
6
|
Diskusi
|
Hasil diskusi
|
MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media
|
· Power
point
· Video/film
|
Alat dan bahan
|
· Lembar
diskusi siswa (LDS)
|
Sumber belajar
|
·
Hartono.
2009. BSE Jelajah Bumi dan Alam Semesta
Geografi SMA/MA Kelas X. Bandung: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
·
Wardiyatmoko,
K. 2013. Geografi Untuk SMA/MA Kelas X.
Jakarta: Erlangga
·
http://www.materisma.com/2014/10/penjelasan-objek-studi-geografi.html
diunduh tanggal 22 Maret 2016
·
Akhyari
Hananto/mongabay.co.id diunduh tanggal
22 Maret 2016
·
Syahrul
Munir/ Kompas.com diunduh tanggal 22 Maret 2016
·
Suryoningrat. 2008. Ilmu bumi. Bandung : Kompas (389:halaman)
· Bagja, Waluya. Memahami
Geografi SMA/MA kelas X semester 1 dan 2 (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan
Departement Pendidikan Nasional.
· Danang Endarto, Sarwono, Singgih Prihadi. 2009. Geografi 1 untuk SMA/MA Kelas X (BSE).
Jakarta: Pusat Perbukuan Departement Pendidikan Nasional.
· Eni Anjayani, Tri Haryanto. 2009. Geografi X untuk SMA/MA Kelas X (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan
Departement Pendidikan Nasional.
· Nathalie Fredete, dkk. 2006. Visual
Ilmu dan Pengetahuan Popular untuk Pelajar dan Umum: Memahami Planet Bumi
Ilmu Populer. Jakarta: PT. Buana.
· Yusman, Hestiyanto. 2006. Geografi
2 SMA Kelas X. Jakarta: Yudhistira.
|
Kaliwungu, Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Kaliwungu Guru
Mata Pelajaran
Hj Puji Hastuti S. Pd. M.
SI. M.Pd Isrok
Istriyanti, S.Pd
NIP. 19630607 198703 2 005
LAMPIRAN
MATERI PEMBELAJARAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
kalau suka sama blog ini di mohon komentar nya ya,,,,